Manfaat Dan Khasiat Lidah Buaya

Manfaat Dan Khasiat Lidah Buaya - Lidah buaya merupakan tanaman yang cukup unik karena mengandung berbagai senyawa biologis aktif, seperti manans asetat, polymanans, antrakuinon, dan berbagai lektin. Lidah buaya juga mengandung sekitar 75 jenis zat yang telah di kenal bermanfaat dan lebih dari 200 senyawa lain yang membuatnya layak di gunakan dalam pengobatan herbal.
Zat-zat tersebut termasuk enzim yang membantu pencernaan dan mengurangi peradangan, semua jenis vitamin terkceuali vitamin D, mineral yang di perlukan untuk fungsi enzim, gula rantai panjang untuk menyeimbangknan kembali system pencernaan; saponin yang berfungsi sebagai anti-mikrob, dan 20 dari 22 jenis asam amino.


Berbagai macam manfaat lidah buaya sehingga sering di jadikan dalam berbagai macam produk perawatan adalah sebagai berikut :
  • Mendinginkan kulit yang terbakar sinar matahari, terutama bagi mereka yang kerap bekerja di luar ruangan.
  • Untuk meredakan otot yang keram atau menegang.
  • Mengatasi masalah kulit yang disebabkan cuaca, seperti kulit kering, kemerahan, mengelupas, dan iritasi ringan atau ruam.
  • Memudarkan warna kemerahan pada memar di tubuh.
  • Mengurangi ketombe pada kepala.
  • Mengatasi luka bakar ringan.
  • Meredakan kulit yang melepuh.
  • Dapat digunakan sebagai krim anti penuaan dini atau untuk mengatasi keriput.
  • Mengobati ruam akibat terkena getah tanaman.
  • Mengatasi kutu air.
  • Mengatasi rasa gatal akibat gigitan serangga.
  • Gunakan setiap hari untuk memudarkan bekas luka dan strecth mark, garis-garis putih atau merah akibat kehamilan.
  • Memudarkan bintik bintik kehitaman pada kulit.
  • Digunakan untuk mempercepat penyembuhan sariawan.
Selain itu dabat juga digunakan sebagai obat herbal untuk berbagai penyakit

Cara Membuat Ramuan Dari Tanaman lidah buaya :


Radang tenggorokan


Cara Meramu: 1 daun lidah buaya dicuci dan dikupas. Isinya dipotong-potong atau diblender. Tambahkan 1 sendok makan madu murni. Minum 3 kali sehari.

Ambeien


Cara Meramu: Setengah (1/2) batang daun lidah buaya dibuang durinya, dicuci, lalu diparut. Beri setengah (1/2) gelas air panas, kemudian peras. Tambahkan 2 sendok makan madu. Dalam keadaan hangat, minum 3 kali sehari.

Sembelit


Cara Meramu: Setengah (1/2) batang daun lidah buaya dicuci dan dikupas. Isinya dipotong kecil-kecil. Seduh dengan setengah (1/2) gelas air. Beri 1 sendok makan madu. Hangat-hangat dimakan 2 kali sehari.

Diabetes melitus


Cara Meramu: 2 batang daun lidah buaya, dicuci, dibuang durinya, dipotong-potong. Rebus dengan 3 gelas air, lalu saring. Minum 3 kali sehari sesudah makan, masing-masing setengah gelas.

Penurun kadar gula darah


Cara Meramu: 1 pelepah lidah buaya ukuran besar (kira-kira seukuran telapak tangan) dibersihkan dengan mengupas kulit dan durinya. Rendam sekitar 30 menit dalam air garam. Remas sebentar lalu bilas di bawah air yang mengalir (air kran). Rebus dengan 3 gelas air hingga mendidih. Dinginkan. Minum sebanyak 1/2 gelas, 2 sampai 3 kali sehari.

Penyubur rambut


Cara Meramu: 2 pelepah lidah buaya dicuci lalu kupas. Isinya digosokkan pada kulit kepala yang telah dikeramas pada sore hari. Bungkus dengan kain. Keesokan harinya rambut dibilas. Lakukan setiap hari selama 3 bulan.

Batuk (yang membandel)


Cara Meramu: 20 g daun lidah buaya dicuci, dikupas, dipotong-potong. Beri 2 sendok makan madu murni. Minum 2 kali sehari. Ulangi selama 10 hari.

Manfaat Dan Khasiat Lidah Buaya Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown