Cara Menjadi Penyiar Radio Professional Yang Baik

Cara Menjadi Penyiar Radio - Jangan hanya bermimpi menjadi penyiar radio professional. Agar mampu bersaing di dalam dunia radio, maka menjadi Penyiar Radio professional merupakan suatu keharusan bagi Anda yang menggeluti dunia broadcasting. Bagaimanakah trik terjitu untuk mencapainya?

Jika sekarang Anda berprofesi sebagai penyiar radio , jangan merasa bangga dulu jika Anda belum berlatih semaksimal mungkin. Artikel ini akan menjadi pengetahuan baru Anda mencapai penyiar radio professional .

Nah Berikut ini tips menjadi penyiar radio professional.

Cara Menjadi Penyiar Radio Profesional


First step. Station ID 

Andaikan kita masuk dalam radio X. Radio tersebut pasti punya yang namanya Station ID. Banyak yang belum tau makhluk apakah itu, padahal sobat muda pasti denger hampir setiap hari loh.. Contohnya nih kalo di Radio Untar : ‘NUSANTARA RADIO yang biasa announcer ucapkan ketika intro. Station ID ini udah pasti beda – beda buat maing – masing radio. Walaupun keliatannya gampang, ternyata buat ngucapin ID dengan benar itu gak gampang loh. Harus jelas, gak datar, dan harus pas temponya. Suara pun harus berpower, which lead us to number two :) 

Cintai Mic Dengan Seluruh Jiwa Dan Segenap Ragamu 

Ketika lu terjun ke dunia siaran, lu sudah pasti bertemu mic sepanjang siaranmu face-to-face. Jadi kalo lu ga cinta dengan mic, bagaimana nasib siaranmu? Makanya, cintai mic itu dengan seluruh jiwa dan segenap ragamu dan sepanjang nafasmu. Cinta sama mic berarti lu bergairah setiap bertemu mic. Bergairah untuk segera bercengkrama dengan mic. 

Power 

Pernah gak sobat muda denger penyiar yang bawain acara dengan suara lemes? pasti jarang kan.. apalagi di radio – radio profesional dan komersial. beda ya sama di mall – mall yang ngumumin mobil parkir :p hehe.. kenapa gini? sebab kalau penyiarnya aja lemes, gimana yang denger? pasti lebih males lagi kan :) 

Punya Wawasan Yang Luas 

Seorang penyiar radio harus selalu update dengan apa yang saat ini terjadi. Punya wawasan yang luas dan menguasai materi itu wajib hukumnya. Sebelum siaran, pastikan dulu lu itu sudah menguasai materi yang lu bawain dan kalau pun belum, cari tau dan persiapkan sebaik-baiknya. Lu itu seorang informan. Sekali lu salah siaran dengan sok tahumu yang salah info, terlambatlah sudah. 

Tempo 

Cobalah berlatih berbicara dengan tempo yang pas di depan cermin. jangan terlalu cepat, tapi tidak terlalu pelan juga. kalau sobat muda merasa kesulitan, bisa juga minta orang lain untuk dengerin. gak ada salahnya kok minta pendapat orang! 

Intonasi 

Intonasi, atau pelafalan, sering menjadi masalah kita. gak cuma kita loh, kadang – kadang profesional pun masih suka bingung dengan beberapa kata yang baru mereka temui. gimana buat ngatasin masalah ini? kuncinya sering – sering baca majalah dengan suara. A, I , U, E, O harus jelas. makin kamu sering berlatih, makin ilang deh belibet nya :D buat ilangin logat yang medok juga bisa banget kok! 

Nada 

Satu hal yang penyiar sering ga sadar tapi lakuin adalah nada yang diulang berkali – kali. itu lagi, itu lagi. Lama – lama yang denger pasti bosen kan? tapi tenang aja.. bukan berarti hali ini ga bisa diatasin loh. sobat muda coba deh buat rekam suara sobat muda pake voice recorder pas lagi baca script. nanti pasti sobat muda sadar akan pengulangan nada itu. tinggal dipoles deh! kunci lainnya, banyak – banyak dengerin penyiar yang udah pro, sebab kecenderungan mereka untuk ngulang nada yang sama itu lebih kecil. 

Tau Pasti Isi Acara Yang Lu Bawain 

Jangan sampe ga nyambung deh! Konsep acara harus lu tau dengan pasti sebelum lu siaran. itu wajib mesti kudu hukumnya. 

Mempunyai Gaya Siaran Yang Sesuai Dengan Gaya Siaran Khas Radio Lu 

Ga mungkin donk, radiomu dengan gaya siaran khasnya anak muda dan lu bawain acara lu dengan gaya bahasan yang serius dan formal. Hal seperti itu biasa disebut “Jaka Sembung bawa golok, ga nyambung cuy!” 

Punya Pergaulan Yang Luas 

Sebagai penyiar, lu itu harus memperluas pergaulan. Ini juga sebagai latihan bahwa pendengar lu bukan dari satu kalangan, tapi bisa berbagai kalangan dengan berbagai karakter. Bagaimana cara lu membawa diri dalam suatu lingkungan, bagaimana lu bisa nyambung ngobrol sama mereka. Itu semua akan menjadi bekal ketika kamu siaran nanti. Selain itu, pergaulan yang luas berarti mempunyai tempat tongkrong dan pandangan yang berbeda-beda yang bisa lu share ke pendengar lu. 

Perbanyak Pengetahuan Umum 

Walaupun di beberapa radio penyiar harus menggunakan script, tapi script itu ga sepenuhnya harus dibaca loh! perlu juga improvisasi dari penyiar supaya pas dibaca, pendengar ga bosen, tapi tetep ‘nangkep’ inti dari berita yang disampaikan. gunakan waktu kosong sobat muda buat baca berbagai sumber tentang apa aja :D reading is a good habit! 

Update Tentang Lagu-Lagu 

Ga lucu dunk, kalo pendengar lu lebih up to date soal lagu daripada lu yang notabene adalah salah satu penyambung lidah dari pihak rekaman ke pendengar. 

Kenali Lagu 

Penyiar di radio udah ga asing sama yang namanya request. tiap jam siaran, pasti ada aja yang request. oleh karena itu, sobat muda yang pengen jadi penyiar harus sering – sering update sama lagu – lagu terkini, bukan cuma buat menjawab request, tapi juga buat intro – outro pas lagi siaran. now that you know why those announcer can predict the timing to intro before the singers start to sing. ;) 

Think Out Of The Box 

Sebagai penyiar, lu itu harus bisa berpikir kreatif dan think out of the box. Lu itu punya pendengar yang menunggu-nunggu hal baru dari lu! Buat apa mereka dengerin siaran lu, tapi bagi mereka basi banged – isi dari siaran lu itu. 

Jaga Suaramu Baik-Baik 

Suaramu aset utamamu. Seorang penyanyi mempunyai banyak pantangan agar menjaga suaranya tetap indah. Bagi penyiar, lakukan apapun agar suaramu tetep enak didengar dan jangan sampai menyakiti telinga pendengar. 

Jangan Malu Bertanya 

Seringkali calon penyiar / penyiar junior malu untuk tanya – tanya sama mereka yang lebih senior. padahal, banyak loh dari penyiar senior yang gak pelit ilmu! mereka bakal seneng banget ketika diminta tips dan saran dari mereka yang mau belajar. asal tetep sopan dan gak ganggu ya.. :)

TETAP SEMANGAT!

Apapun yang terjadi, lu harus semangat. Jangan sampai pendengar terbawa suasana-suasana ga enak karena masalahmu dan apapun yang terjadi dalam hidupmu. Keceriaan dan semangat siaranmu bisa jadi menjadi inspirasi dan motivasi mereka untuk menjalani hari dengan ceria dan semangat pula.
“Anda suka banyak bicara, lebih baik jadi penyiar saja”. Pernyataan inilah yang sering terdengar dari orang-orang ketika melihat seseorang yang suka berbicara. Apakah benar untuk menjadi seorang penyiar hanya membutuhkan sekedar “banyak bicara” ?.

Memang tidak salah kalau kita menyebut keahlian berbicara sebagai modal, tetapi diluar itu ada banyak hal teknis yang harus diperhatikan, karena penyiar memegang peranan penting dalam mewujudkan ‘theater of mind’ yang menjadi ciri khas radio.

Beberapa hal teknis yang harus diperhatikan jika ingin menjalani karir sebagai penyiar radio antara lain :

Artikulasi yang jelas
Pernapasan yang baik
Mengerti musik, hal ini berhubungan dengan bagaimana Anda menyesuaikan dengan tempo lagu
Mood, penyiar tidak boleh terdengar murung atau tidak bersemangat
Pengetahuan yang luas
Tidak boleh cacat huruf (Cadel)
Bagaimana melatih hal itu?

Ada beberapa cara untuk melatih kemampuan menjadi seorang penyiar :

Olahraga Teratur

Olahraga secara teratur akan berdampak pada stabilnya pernafasan Anda. Pernafasan yang baik tentunya akan membuat kekuatan suara Anda menjadi stabil saat siaran.

Lion Face

Lion face adalah istilah untuk senam wajah sebelum siaran. Kerutkan wajah Anda sedalam-dalamnya, dan buka lebar-lebar. Ini akan membuat Anda menjadi lebih relax dan santai saat siaran.

Senam Rahang

Setiap pagi, latihlah mulut Anda dengan mengucapkan A-I-U-E-O. Hal ini supaya rahang Anda terbuka dengan baik dan terhindar dari ‘poping’ (suara “pep” yang menyembur saat berbicara di microphone.

Berbicara di Atas Lagu.

Suka mendengarkan musik? Mulai sekarang belajarlah memperhatikan durasi intro sebuah lagu dan mulailah berbicara di atas intro lagu. Tapi ingat, gunakan kalimat yang efektif dan jangan sampai saat sang penyanyi mulai menyanyikan lirik lagu kamu masih berbicara, hal itu sangat haram hukumnya bagi penyiar. Berbicara di atas lagu juga bisa membantu menyesuaikan tempo berbicara Anda dengan tempo lagu.

Cara Menjadi Penyiar Radio Professional Yang Baik Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown