Pengertian Globalisasi Menurut Para Ahli

Pengertian Globalisasi Menurut Ahli - Dari literatur yang ada, dapat ditemukan beragam pengertian dari globalisasi. Keberagaman Pengertian Globalisasi tersebut menandakan bahwa globalisasi belum memiliki definisi yang pasti, kecuali sekadar definisi kerja sehingga tergantung dari sisi mana orang melihatnya. 


Ada yang memandangnya sebagai suatu proses sosial, atau proses sejarah, atau proses alamiah yang membawa seluruh bangsa dan negara di dunia makin terikat saru sama lain, mewujudkan satu tatanan kehidupan baru dengan menyingkirkan batas-batas geografis, ekonomi, dan budaya masyarakat. Untuk memahami pengertian globalisasi secara luas, berikut ini dikemukakan pengertian globalisasi menurut beberapa ahli tentang globalisasi sebagai berikut:
Globalisasi Dunia

Prof. Dr. Mubyarto

Globalisasi mempunyai dua pengertian: pertama, sebagai deskripsi/definisi, yaitu proses menyatunya pasar dunia menjadi satu pasar runggal; kedua, sebagai "obat kuat" yang menjadikan ekonomi lebih efisien dan lebih sehat menuju kemajuan masyarakat dunia.

M. Waters

Globalisasi adalali. sebuah proses sosial, di mana halangan-halangan bersifat geografis pada tatanan sosial dan budaya semakin menyusut dan setiap orang kian sadar bahwa mereka semakin dekat satu sama lain.

Martin Albrowrn

Globalisasi menyangkut seluruh proses di mana penduduk dunia terhubung ke dalam komunitas duniayang tunggal, komunitas global.

A.G. Mc Grew

Globalisasi mengacu pada keseberagaman hubungan dan saling keterkaitan antara negara dan masyarakat yang membentuk sistem dunia modern. Globalisasi adalah proses di mana berbagai peristiwa, keputusan dan kegiatan di belahan dunia yang satu dapat membawa konsekuensi penting bagi berbagai individu dan masyarakat di belahan dunia yang lain.

R. Robertson
Globalisasi adalah proses mengecilnya dunia dan meningkatnya kesadaran akan dunia sebagai satu kesatuan, kesalingtergantungan dan kesadaran global akan dunia yang menyatu di abad ke-20.

Bank Dunia

Globalisasi adalah kebebasan dan kemampuan individu dan perusahaan untuk memprakarsai transaksi ekonomi dengan orang-orang dari negara-negara lain.

Wikipedia Encyclopedia Indonesia


Globalisasi adalah sebuah istilah yang digunakan untuk menjelaskan perubahan-perubahan dalam masyarakat dalam perekonomian dunia yang dihasilkan oleh meningkat pesatnya perdagangan dan pertukaran kebudayaan. Dalarn arti ekonomi, globalisasi mengacu terutama pada liberalisasi perdagangan bebas.

Pemaparan definisi atau pengertian tentang globalisasi yang banyak dikemukakan oleh para ahli tersebut disebabkan oleh beberapa hal berikut. Pertama, ahli-ahli yang menaruh minat pada bidang tersebut berasal dari disiplin ilmu yang berbeda-beda. Dengan demikian, pendefinisian globalisasi akan sangat dipengaruhi oleh disiplin ilmu mereka masing-masing. Kedua, keberagaman sudut pandang dan pendekatan yang digunakan oleh masing-masing ahli dalam mendefinisikan globalisasi. Ketiga, globalisasi merupakan fenomena yang kompleks dan dampak yang ditimbulkan oleh fenomena tersebut menyentuh ke dalam hampir semua aspek kehidupan manusia. Hal itu menyebabkan suatu definisi tunggal barang kali tidak akan pernah mampu menggambarkan fenomena yang teramat kompleks tersebut.

Sekian materi tentang Pengertian Globalisasi Menurut Ahli, semoga bermanfaat.

Pengertian Globalisasi Menurut Para Ahli Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown