Tips / Cara Merawat Burung Pleci

Cara merawat burung pleci - Untuk menjadikan burung anda yang rajin dalam berkicau menurut saya ketlatelan anda dalam merawat dan memilih anakan burung yang maksimal, nah mungkin dengan itu anda akan mendapatkan kepuasan dalam merawat buung, sehingga burung anda rajin berkicau. Cara perawatan burung pleci agak lebih di perhatikan karena burung pleci ini sangat sensitif sekali, untuk mendapatkan burung yang rajin berkicau tidaklah mudah bagi pencinta burung,hanya satu kata untuk menjadikan burung anda rajin dalam berkiacau (SABAR). 


Cara perawatan yang saya kasih ini mungkin hasilnya tidak maksimal, saya disini hanya berbagi referensi anda untuk merawat burung Pleci, berikut dibawah ini:

Peralatan merawat burung pleci

Semprotan air dan sikat cucian, semprotan air ini berguna untuk memandikan burung pleci anda. sedangkan sikat cucian ini bisa anda gunakan untuk membersihkan wadah kotoran di sarang, sehinga burung pleci dan bisa betah.

Peawatan di pagi hari
 

Untuk perawatan di pagi hari, silahkan gantang burung kesayangan anda di tempat yang teduh atau di depan teras rumah anda, biar burung pleci bisa merasakan udara segar di pagi hari. Selain itu burung pleci akan berkicau seperti alasan di pagi hari, akan lebih baik burung pleci anda di gantang dengan burung pleci yang lainnya, dan jarak agak jauh.

Setelah itu, mandikan burung pleci dengan semprot/sprey yang lembut atau sesuai keinginan hingga basah, biasanya dalam memandikan dengan semprot coba sediakan cepuk atau tempat minum burung tersebut jangan di lepas, biasanya begitu badan dia basah dia akan mandi di tempat tersebut.

Untuk makanan buah anda bisa dikasih buah pisang kepok, pisang yang lama ganti dengan yang baru, jika pisang terlalu besar maka potong pisang tersebut menjadi 2 bagian, berikan hanya 1 bagian sisanya bisa untuk besoknya lagi. Usahakan buah pisang bisa diganti dengan yang baru setiap hari, biar pleci sehat dan terbebas dari bakteri pisang.

Jika wadah kotoran terasa sudah banyak kotoran segeralah di bersihkan supaya burung anda bisa betah dan nyaman di dalam sangakar.

Jemur secukupnya burung pleci anda dengan sinar matahari.

Setelah di rasa cukup, taruh sangkar burung pleci ditempat yang teduh, berikan ulat hongkong kecil yang berwarna putih ( 2-3 ulat hongkong yang sedang ganti kulit ) tapi sebelumnya beri makan berupa buah baik pisang maupun buah lainnya juga boleh atau voer juka sudah makan voer.

Untuk serangga bisa juga menggunakan ulat kandang, jangkrik yang kecil, atau kroto ( kroto jangan setiap hari dan jangan banyak-banyak pemberiannya ).

Jam 5 sore masukan pleci ke dalam rumah biarkan pleci untuk istirahat atau bila perlu pleci di kerodong untuk menjaga dari udara dingin di malam hari, dalam hal ini anda bisa perdengarkan pleci dengan suara burung pleci yang sudah ngerol untuk merangsang pleci buka paruh dan membentuk suara ngerol alami dari pleci yang anda pelihara.

Itu dia yang bisa saya kasih referensi buat anda pencinta burung pleci, tips di ata mungkin saja tidak sepenuhnya maksimal, semoga artikel cara merawat burung pleci di atas bisa bermanfaat.

Tips / Cara Merawat Burung Pleci Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown